[an error occurred while processing this directive] [an error occurred while processing this directive]
[]
[an error occurred while processing this directive]
Update Terakhir:
[an error occurred while processing this directive]

 

[]    
[]
Click Here!

 

Berdana Uang Kepada Bhikkhu

Tanya:

Namo Buddhaya, saya ingin bertanya. Bolehkah umat berdana uang untuk bhikkhu? Bagaimana caranya? Bagaimana sebaiknya berdana uang kepada bhikkhu? Apakah lebih baik lewat Sangha atau langsung kepada bhikkhu tersebut? Dan bagaimana caranya?

Sam A. Wijaya, Tangerang.

 

Jawaban dari Y.M. Uttamo Thera dan Selamat Rodjali:
Namo Buddhaya,

Adalah merupakan suatu kebajikan yang cukup tinggi apabila umat mempunyai kebiasaan untuk mendukung kehidupan para bhikkhu dengan mempersembahkan empat kebutuhan pokok yaitu jubah, makanan, tempat tinggal serta obat-obatan. Persembahan keempat kebutuhan pokok tersebut akan mengkondisikan kelestarian hidup para bhikkhu maupun Buddha Dhamma.

Karena alasan kepraktisan, umat kadang mempersembahkan uang sebagai nilai pengganti empat kebutuhan pokok para bhikkhu tersebut. Namun, pada saat menyerahkan dana uang, umat hendaknya tetap menanamkan dalam batinnya bahwa ia sedang mempersembahkan empat kebutuhan pokok.

Perlu diketahui bahwa para bhikkhu khususnya anggota Sangha Theravada Indonesia tidak dapat menerima secara langsung persembahan umat berupa uang. Oleh karena itu, dana uang hendaknya dititipkan kepada umat yang ditunjuk oleh bhikkhu penerima dana. Dengan demikian, apabila bhikkhu tersebut suatu saat memerlukan dana untuk memperbaiki vihara, misalnya, ia dapat langsung berhubungan dengan umat yang menyimpan dananya tersebut. Tentu saja, setiap bhikkhu mempunyai kebutuhannya masing-masing yang dapat dipenuhi dengan dana uang yang disimpan oleh umat tersebut.

Selain kepada para bhikkhu, umat juga dapat mempersembahkan dana uangnya kepada Sangha. Dana uang ini dapat dipergunakan Sangha untuk melancarkan berbagai kegiatannya, misalnya membiayai pertemuan Sangha yang berskala daerah, nasional, maupun internasional; juga dana Sangha dapat dipergunakan untuk memberikan pendidikan kepada para bhikkhu, membiayai bhikkhu yang sakit serta masih banyak kebutuhan lainnya.

Oleh karena itu, umat yang akan berdana uang hendaknya dapat menggunakan kesempatan ini secara bijaksana sesuai dengan kebutuhan yang dilihatnya.

Sdr. Sam yang baik, merupakan tradisi para Bhikkhu untuk tidak menerima uang sebagai alat pembayaran atau kepemilikan, kecuali para bhikkhu yang tidak lagi mengikuti tradisi kebhikkhuan yang diwariskan oleh Sang Buddha. Saya sarankan Saudara berdana 4 kebutuhan pokok kepada para bhikkhu. Atau bila ingin berdana berupa uang dapat melalui vihara atau melalui dayaka yang mengurus kebutuhan para bhikkhu sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

 

 

Kirim Artikel ini ke Teman Anda!

 

[]
[an error occurred while processing this directive]